Tips Agar Tidak Ngantuk Saat I’tikaf di Masjid Nabawi

Senin, 03 April 2017

| | |
Adalah menjadi hal yang lumrah jika ketika beri’tikaf kita menjadi terserang rasa kantuk karena sejuknya hawa di dalam Masjid. Padahal telah diriwayatkan bahwa Rasulullah pernah mengusir sejumlah orang keluar dari masjid. “Jangan tidur di Masjidku ini,” Sabda Beliau. Nah tentunya kita tidak ingin kan membuat beliau kecewa atas adab dan tata karma kita yang kurang berkenan di Masjid beliau ini. Oleh sebab itu ada beberapa tips dari saya untuk menghilangkan rasa kantuk ketika sedang beri’tikaf.

Satu, ambilah air zam-zam di dalam botol yang sudah kita sediakan dari hotel. Pada saat mengantuk kita bisa menuang air tersebut dan mengusapkannya pada wajah kita. Dinginnya air zam-zam cukup dapat membuat rasa kantuk sirna.

Dua, gerakan mengunyah sebenarnya cukup dapat mengurangi rasa kantuk, bawa bekal kue-kue ataupun kurma dari hotel juga bisa. Energy kembali full lagi dan ibadah tambah kenceng juga InsyaAllah.

Tiga, mungkin terlalu fokus melihat ke suatu titik dan badan yang berpose sama dalam hitungan jam dapat membuat kita semakin mengantuk. Buatlah badan rileks sejenak goyang-goyangkan leher, tangan dan pinggang. Setelah itu perhatikan sekitar anda ada yang sedang khusyuk berdzikir, ada yang sedang sholat dan ada yang sedang semangat-semangatnya membaca Al-Qur’an. Nah kalau sudah melihat mereka-mereka yang semangat beribadah dijamin kantuk bakalan hilang dan kita bisa jadi semangat lagi. Apalagi jika di tambah dengan berpikir “ya ampun sudah jauh-jauh kesini masak mau tidur. Ayo semangat lagi Ibadahnya…!”


Keempat, ini sudah cara yang paling akhir kalau masih ngantuk juga. Ajak orang disampingmu untuk berbicara ringan. Yang pasti orang tersebut bukan jamaah Indonesia ya. Kurang menantang rasanya hehe. Bisa diajak dengan berbicara bahasa arab, bahasa inggris ataupun melayu kalau bisa bahasa urdu atau bahasa turki boleh juga dicoba. Pertanyaan klise  saja seperti Min aina anti? Atau dari mane mak cik ni? Sudah ke Mekkah ke? Buat saya yang bahasanya masih amatir ini cukup membangunkan fokus mata, otak, telinga dan mulut karena pada saat itu saya mencoba untuk benar-benar mencerna apa yang dibicarakan lawan bicara saya. Pernah suatu kali pada saat menunggu adzan Maghrib saya merasa ngantuk sekali dan ternyata gadis pakistan yang di samping saya juga mengantuk akhirnya saya mulai lah pembicaran basa basi untuk menghilangkan kantuk. Dan hey dia jago bahasa Inggris baiklah kita lanjut bercakap tentang studynya ternyata dia adalah mahasiswa Psikolog. Saya tau bendera pakistan warnanya hijau dan ada bulan sabit dengan bintang berwarna putihnya kan. catatan jika berbicara dengan orang luar keluarkan semuaa semuaanya yang kamu tau tentang negaranya, dia akan senang dan melihat dia tertawa itu,, duuh manis sekali melihatnya dengan hidung bangir mirip artis india itu hihihi....   kemudian saya tanya lagi dia pakistan di sebelah mananya? Dia jawab Kashmir.. ooh saya tau, itu daerah indah pegunungan seperti switzerland kan? Ada salju-salju putih diatas gunungnya ada bagian padang rumput hijau yang indah.. oooh iya benar, matanya semakin membulat ketika tau bahwa saya mengetahui tempat kediamannya. Dari mana kamu tau? Dia bertanya. Sambil tertawa saya menjawab bahwa saya mengetahuinya dari film India berjudul Bajrangi Bhaijaan ya kisah yang menarik tentang konflik negara india pakistan serta ada unsur agama juga dalam film itu terutama Islam dan hindu dan akhirnya happy ending itu menyenangkan. Dan diapun ternyata juga mengetahui film itu. Ya jelas saja itu film kan berlatar tempat kediamannya hahaha. Dan akhirnya kantuk pun hilang dengan sendirinya, tapi jurus keempat ini jangan terlalu sering digunakan ya kawan, sayang waktu kita jika kita habiskan untuk ngobrol.. huhu Maafkan hambaMu ini Yaa Allah. yang pasti kita sewaktu berniat untuk i'tikaf berdo'alah kepada Allah untuk diberikan kekuatan dan juga kemudahan serta kelancaran dalam Ibadah.

..........................................................................................................................................

Dengan memperhatikan sekeliling akan membuat semangat beribadah naik lagi, Indahnya melihat mereka belomba-lomba dalam beribadah. MASYAALLAH. TABAARAKALLAH






========================
Spoiler dari Film Bajrangi Bhaijaan : Recomended lhoh hihi







tuuh adiknya imutkan.. cantiik hehe

0 komentar: