Sarnas FSLDK in Jogja 2011

Jumat, 17 Januari 2014

| | |
bismillah....
Ini sedikit catatan singkat yang bisa dituliskan terkait Sarasehan ADK di JOgja tanggal 28-30 Oktober 2011 yang lalu (ternyata ada postingan yang kelupaan di posting, mpe bertahun-tahun sudah berjamur dan berlumut cuman jadi draft  ==") sebuah momen yang luar biasa kawan, bertemu dengan saudara-saudara seiman dari penjuru pulau sumatera hingga papua. Menjalin silaturrahim dan tali persaudaraan di jalan ini.
Jalan dakwah bukanlah jalan yang mudah. Hanya orang-orang tertentu yang bisa menyusuri jalan penuh duri ini. Semoga kita semua tetap istiqomah untuk terus berjuang dan menggantungkan asa hanya kepada Robb semesta.
 “kira-kira apa aja sih, yang udah di dapetin di jogja kemaren tuh???”
Hmmmm.. jadi begini saudara-saudara karena kita (Rombongan ITS) dateng terlambat, dan baru saja sampai di kampus UGM setelah menempuh perjalanan sekitar 7 jam dengan kereta api sri Tanjung tujuan Surabaya-Jogjakarta. pada pukul 21.30 akhirnya langsung dimobilisasi ke penginapan. Di penginapan sempat berbagi cerita tentang kondisi LDK dengan  saudara dari universitas negri semarang. Dan ada beberapa hal yang luar biasa tentang kondisi dakwah kampus di kampus mereka antara lain:
  1. “biro madani” ternyata di daerah semarang kristenisasi sangat gencar dalam upaya mematahkan aqidah islam, sehingga dari LDK mereka dibentuk sebuah biro yang khusus menangani masalah kristenisasi tersebut. namanya biro madani. Di biro madani ini menggodok segala bentuk tipu daya kaum kufar agar masyarakat di sekitar tidak mudah terpengaruh dengan iming-iming materi maupun ghozwul fikrnya.. hmmm tiba-tiba saja teringat dengan adik-adik di medokan yang juga sempat mendapat kasus seperti ini.
  2. “jangan hanya mengandalkan LDK” ini kata-kata dari dari seorang ukhti UNES ketika di tanya kog bisa punya kader sampai dengan jumlah 1021 orang (subhanallah)..ternyata kekuatan dakwah mereka tidak hanya di LDK saja tapi juga ke tataran LDF dan LDJ benar-benar sudah ada controlling dan pemetaan kader yang luar biasa dan berjenjang dengan jelas.
  3. “Kader hunian” selain sinergisitas dengan LDF dan LDJ. Kader ribuan itu juga terhimpun dan tidak lepas dari pembinaan rumah kader (dakwah hunian). Menariknya dakwah hunian ini langsung di tangani oleh “orang-orang langit” yang mempunyai perhatian lebih terhadap dakwah di kampus semarang ini salah satunya adalah beberapa kontrakan atau kos-kosan tersebut mendapat bantuan dari adiknya novelis best seller habbiburrahman el-shirazy (afwan lupa nama adiknya). Dan lagi-lagi ada biro yang menangani lansung mengenai dakwah hunian ini. Namanya biro basmala, sistemnya dari awal sudah diterangkan bahwa kontrakan ini punya peraturan dan sistem semacam ini.
  4. Untuk menguatkan internalnya mereka membuat halaqoh lembaga Ex. Pendampingan LDK, LDF atau pun LDJ
  5. “kader integral” pemetaan kader untuk tiap lini  sudah sangat cantik, kader di kembangkan sesuai dengan minat dan potensinya. ada kader yang ditempatkan di  LDK, LDF, LDJ. dan badan mentoring, karena badan mentoring mereka sistemnya terpisah dengan LDK. ada juga yang di KAMMI . dan untuk ilmi lewat tutorial dan bimbingan PKM. Karena mereka bilang kalau, menempatkan orang haruslah diberi pengertian dari hati-ke-hati tidak bisa sembarangan.
  6. “Ex Rohis” Dan tantangan yang di hadapi oleh saudara-saudara ini. Adanya sekumpulan orang-orang yang juga mengaku beraga islam namun menamakan diri dengan “ex.Rohis” mempuyai gaya hidup yang hedon bahkan mendirikan organisasi dengan nama ex-rohis (tanya kenapa? Karena mereka bilang tidak suka dengan anak rohis) dan kalau sedang masa-masa PEMIRA. Jaket ex-rohis ramai di pakai oleh kalangan mereka.. yang extrim lagi saat LDK mengadakan acara RAMADHAN DI KAMPUS (semacam RDK lah kalau di JMMI) anak2 LDK (afwan ana lupa) memasang spanduk atau mengecat tembok di sore hari untuk menyemarakkan syiar publikasi RDK. Tapi besok paginya sudah bersih. di bersihkan oleh anak2 “ex-Rohis”  .itulah hambatan terbesar yang dihadapi oleh saudara-saudara kita di UNES semoga mereka di beri kekuatan dan kemudahan dalam menegakkan bendera dakwah di kampus mereka. Aamiin…

Yak sekian liputan untuk UNES )^_^(.. lanjut di hari berikutnya agendanya adalah RAPIMNAS II dari pagi hingga ba’da ashar (wuiiih,,, syuro lama-lama bikin pusing jadi teringat syuro RDK ’32 kemaren ==) , walhasil kita dibagi-bagi per komisi. Dan kebetulan ana ditempatkan di komisi bendahara.. untuk laporannya bisa di buka di email ( singa@yahoo.com ...) yang menarik dari syuro bendahara ini adalah…cukup terkesan dengan BP jateng. Yang mana analisa dan data2 nya mengenai puskomda sampai LDK2 dampingannya lengkap beeeuuuutz euy… waktu di tanya “kog bisa sih bisa tau sampai detail kayak gitu tentang keadaan  PUSKOMDA n’ LDK dampingannya”.. jawabnya.. iya jadi kalau ada acara syiar yang gede’ di suatu kampus di jateng kita usahain ldk lain juga pada dateng.. selain meramaikan. Ba’da acara kita sempatkan untuk syuro BP’ ((subhanallah ..(tertohok mak…. PUSKOMDA SURYA aje… terakhir syuro BP kapan ya??? Kriiik..kriiikk…kriiiiiik T.T  dah berapa lama vakum neeeh)

Ba’da magrib ada pemateri luar biasa dari bapak salim. A. fillah.hmmm bapak ini… C= apapun tema materinya pasti ujung-ujungnya ngomongin tentang kewajiban menggenapkan separuh agama .hihi……. karena masih hangat2nya moment sumpah pemuda… yuuk kita dengerin tausiyah tentang masa muda oleh pak salim ini…
  1. Muda=hijau, hijau disini bisa berarti warna surga men, karena muda begitu merindunya akan surga sehingga semangatnya untuk meraih cita-cita tertinggi tersebut masih berkobar membara dalam dada, dan juga bisa berarti hijau adalah masa yang sangat bagus untuk tumbuh dan berkembang, semangat muda untuk terus menggali dan menanam kebajikan juga ilmu…
  2. Muda = belum berpengalaman, dan cenderung mencari solusi atau pun jalan sendiri yang berbeda dalam menghadapi persoalan dari pada menyontoh yang sudah berpengalaman. (jiwa-jiwa pemberontak maksudnya???)
  3. Muda terbiasa bersama-sama dalam kondisi prihatin, suka maupun duka. Ingatkah tentang cerita mush’ab bin umair yang rela meninggalkan harta kekayaan, keluarga, dan derajatnya dikalangan kaum quraisy hanya demi Allah dan Rasul-Nya?... bahkan hingga akhir hayatnyapun kain kafannya tak cukup untuk menutupi seluruh tubuhnya
  4. Muda = kejelasan sikap, memisahkan yang haq dan yang bathil
  5. Muda = pesona dan ketangguhan fisik. Ingatkah kawan, tentang cerita nabi yusuf, muda = digoda. So, jadi muda harus tahan godaan yaaa C=
  6. Muda = tergesa-gesa. Ibroh dari cerita ashabul kahfi muda yang tergesa namun ternyata tidur pun bisa membawa perubahan besar. Apalagi kalau di saat terjaga. idealismenya sih istirahat di saat lelah, bangun di sepertiga malam.. ambil cinta Allah dan tebarkan dibumi…
  7. Muda = generasi-generasi pilihan… dalam firman Allah 
 “Kami kisahkan kepadamu (Muhammad) cerita ini dengan benar. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan Kami tambah pula untuk mereka petunjuk.” (Q.s. Al kahfi : 13)
Tetapi pertanyaannya kemudian seperti senandung nasyid “izzatul islam”. “dimana dicari pemuda kahfi.. terasing demi kebenaran hakiki….katanya pak salim sih. Pengen jawab “mereka di sini 1300 ADK. Di jalan cinta para pejuang”
8. Muda = tabah di jalan perjuangan
9. Muda = identik tidak punya beban sejarah

Ada sebuah cerita menarik dari pak salim mengenai hasan al-basri. Seorang ulama yang terkenal sering mengisi khutbah jum’at, dan dalam khutbahnya tidak sedikit yang tergugah dan tersadar untuk beramal sholeh dan menjadi lebih baik lagi. Hingga pada akhirnya datang seorang budak kepada beliau memohon agar khutbah jum’at besoknya ialah khutbah dengan tema keutamaan membebaskan budak. Jum’at yang di tunggu pun tiba namun ternyata  khutbah kali ini membuat sang budak kecewa.tanya kenapa? Karena ternyata permohonannya akan tema khutbah jum’at “keutamaan membebaskan budak” tidak di penuhi oleh hasan al-basri. Sang budak pun berharap mungkin jum’at depan permohonannya tersebut di kabulkan. Namun lagi-lagi dia kecewa. Jum’at ke-2. Jum’at 3.. dan barulah jum’at keempat hasan al-basri memberikan khutbah jum’at tentang keutamaan membebaskan budak. Tak lama setelah sholat jum’at terjadi fenomena yang cukup mengejutkan, hampir seluruh penduduk kota basrah membebaskan budak-budaknya. Gembiralah sang budak yang telah bebas akibat memohon kepada hasan al-basri tadi, tetapi masih ada yang membuatnya terheran-heran mengapa baru di jum’at ke-4 beliau melakukannya . ternyta jawaban luar biasa dari seorang alim hasan al-basri ialah karena beliau baru bisa membebaskan budak setelah di 4 minggu, dimana di 4 minggu sebelumnya beliau berusaha keras mencari uang agar bisa membebaskan budak… subhanallah… ibrohnya. Hasan al-basri ialah tidak mau  menyampaikan sesuatu/ menganjurkan sesuatu yang belum pernah di lakuin alias …, cuman OMong DOang… ibarat tong kosong mah, nyaring bunyinya…
               Trus yang terakhir dari bincang-bincang tentang muda neeh,, muda harus punya 3 daya dukung. Daya dukung INTELEKTUAL, FISIK juga FINANCIAL… kalau nabi muhammad daya dukungnya mah Khadijah C= ,, istri yang setia sejak awal-awal kenabian beliau begitu lembutnya menyelimuti rasulullah, hingga masa-masa sulit saat pemboikotan beliaulah garda terdepan penyemangat dakwah Rasulullah, sosok ibunda islam yang begitu perhatian kepada semuanya)…. Naah l0ooo virus pak salim muncul neeh (“kerenkan diri , trus nikah dini”…walaah ternyata itu jargon buku terbaru beliau “gue never die” =,=)
…………………………………………………
Hari terakhir di jogja, yang lain pada dengerin IZZIS, dengan lantunan nasyid sang murobbinya. Kita-kita (sebagian orang) ikut syuro persiapan fsnas.. syuro yang lumayan panasss. Karena belum ada sinkronisasi yang jelas antara puskomnas UNILA dengan tuan rumah fsnas ITB. PR besar buat ITS yang jadi salah satu SC publikasi mereka menargetkan agar sc publikasi bisa menggaet media-media nasional. Untuk meliput acara fsnas, media cetak nasional , radio dll. Yang nantinya akan di bantu sama UI sebagai SC jaringan. Karena PUBLIKASI itu pentiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiing . Semoga berhasil. Aamiin…
-------------------------------------------
Ba’da syuro kita balik lagi ke              acara dan serunya ternyata adalah performance dari shoatul harokah.. langsung deh satu gedung panas semua sama gelora jihad palestina ditambah lagi ada galang dana “one man one dollar to save palestine” dari teman2 KNRP (Komite Nasional untuk rakyat palestina) info lengkap buat organisasi ini bisa dilihat di www.knrp.or.id
Organisasi ini menjual pernak-pernik lucu kayak pin, gantungan kunci, syal sampe baju dengan  tema paletina semua. yang katanya 100% keuntungan buat disumbangin ke palestina boy, Masya Allah keren deh…

Sekian dari catatan singkat perjalanan yang begitu ini mengharukan kawan, haru dengan kisah perjuangan saudara ikhwah dari palu yang ingin mampir ke ITS, haru akan perjuangan kawan-kawan panitia yang sudah kerepotan karena peserta awal yang diperkirakan 650 membludak menjadi 1300 peserta. Haru dengan semngat kawan-kawan lampung yang sudah men carter 5 bis untuk perjalanan dari  lampung ke jogja. Begitu banyak pengorbanan, begitu banyak perjuangan, semoga Allah meridhoi apa yang sudah kita lakukan, kawan. Jangan sampai perjuanganmu sia-sia.
Yaa ALLAH.. sesungguhnya Engkau tau, bahwa hati INI tlah berpadu berhimpun dalam naungan cintaMU bertemu dalam ketaatan bersatu dalam perjuangan meneggakkan syariat dalam kehidupan..kuatkanlah ikatannya kekalkan cintanya tunjjukkanlah jalan2nya terangi dg cahayaMU yg tiada pernah padam ..YAA ROBBI BIMBINGLAH KAMI..

0 komentar: