AKP Turki Menang Telak

Senin, 31 Maret 2014

| | |

TURKI - Meski banyak digoncang oleh lawan-lawan politiknya dan di tengah protes akibat pemblokiran situs jejaring sosial, ternyata AKP (Partai Keadilan dan Pembangunan) tetap menang dalam pemilu lokal yang dilakukan kemarin (30/03/2014).

Hasil awal dari pemilihan lokal menunjukkan kenaikan suara signifikan bagi AKP, dengan mengantungi 47,6 % suara dari perhitungan 18,9 persen kotak suara di seluruh negeri .

Aljazeera melaporkan bahwa sisi mengejutkan dari hasil pemilu kali ini adalah bahwa beberapa lokasi yang diklaim sebagai basis kekuatan oposisi, justru memenangkan AKP, termasuk Antalya, Hataa dan Samson.

Hasil awal dari proses pemungutan suara di Istanbul, yang merupakan salah satu kota paling penting dari Turki, setelah penghitungan 21,7 % menunjukkan AKP unggul dengan 49,8 %, sedangkan partai oposisi Partai Rakyat Republik 38 % .

Di tingkat nasional, setelah menghitung 18,9 persen kotak suara, menunjukkan AKP unggul 47,6 %, dibandingkan 25,5 % Partai Rakyat Republik, dan 13,7 % untuk Partai Gerakan Nasional.

Sejak hari Minggu (30/03/2014) Turki rakyat mulai memberikan suara dalam pemilihan kota yang penting bagi masa depan politik PM Recep Tayyip Erdogan, yang tengah menghadapi serangan lawan politiknya tuduhan dua skandal korupsi dan komunikasi telepon yang bocor.

Pemilu lokal ini adalah ujian pertama bagi perdana menteri menjelang pemilihan presiden yang diperkirakan akan diselenggarakan pada bulan Agustus mendatang.

Pidato Kemenangan Erdogan

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan kemarin malam menyatakan kemenangan partainya dalam pemilu lokal. Dia juga mengambil kesempatan untuk memperingatkan pesaingnya bahwa mereka akan 'menanggung akibatnya'.

Partai pimpinan Erdogan unggul dalam penghitungan suara awal. Ini cukup bagi Erdogan untuk menyatakan kemenangan dalam pemungutan suara, yang dilihat oleh banyak kalangan sebagai referendum sebelas tahun pemerintahannya, seperti dilansir situs Arutz Sheva, Senin (31/3).

"Mereka yang menyerang Turki telah kecewa," kata Erdogan saat berpidato di depan ribuan pendukungnya dari balkon markas Partai Pembangunan dan Keadilan (AKP), partai pimpinannya, di Ibu Kota Ankara.

"Kita akan memasuki gua-gua mereka dan mereka akan menanggung akibatnya. Bagaimana Anda bisa mengancam keamanan nasional kita di Suriah? Suriah saat ini dalam keadaan perang melawan kita," ucap Erdogan mengacu kepada para pendukung Gulen.

Kepada para pendukung Erdogan mengucapkan terimakasih atas segala perjuangannya.

"Kalian telah mendukung perdana menteri kalian, saya sangat berterima kasih," ucap Erdogan.

"Kalian telah melindungi perjuangan bagi kemerdekaan baru di Turki," lanjutnya yang disambut gembira para pendukungnya.

3 Bendera

Kemenangan telak AKP untuk keempat kali berturut-turut disambut gembira pada pendukungnya. Mereka berpawai keliling kota. Diantara mereka ada yang berpawai dengan membawa tiga bendera, Turki, Palestina dan Mesir. Ini sebagai simbol dukungan Turki yang tak pernah berubah untuk Palestina dan Mesir.


Dari 97,63 % total lembar suara yang telah dihitung, AK Parti terlihat jauh di depan meraup hampir separuh suara. Hasil yang telah disiarkan kantor berita Turki Anadolu Ajansi menunjukkan:

AK Parti 45.56 %
CHP 27.91 %
MHP 15.16 %
BDP 4.01 %
Lain-lain 7.36 %


  *sumber: muslimina, tajuk.co, merdeka.com, twitter, dll

Alhamdulillah.. horeeeeeeeee akp erdogan menang lagi..mantapks. semoga pks bisa menyusul kemenangan

0 komentar: