Tips and Trick Memilih Telur Gurame Berkualitas

Kamis, 06 November 2014

| | |

Gurame merupakan salah satu komoditas perikanan yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan banyak diminati masyarakat indonesia. Namun sebagian orang menganggap usaha budidaya ikan gurame merupakan usaha ang lambat karena prosesnya bisa bertahun-tahun. Namun dengan lambatnya pertumbuhan ikan gurame justru memberikan peluang pada setiap segmen budidaya, termasuk tahapan penetasan telur. Telur gurame bisa menjadi salah satu prospek bisnis yang menjanjikan apabila kita bisa mengetahui kualitas telur yang akan ditetaskan. Berikut merupakan tips and trick memilih telur gurame berkualitas.
1.    Ambil sarang gurame yang sudah terdapat telur
Sarang gurame yang sudah terdapat telur biasanya surah tertutup rapih dan terdapat minyak disekitar sarang.

 2.    Masukan sarang kedalam jolang/wadah
Wadah/jolang disiapkan dan disisi air dengan ketinggian 15-20 cm untuk menyortir telur gurame yang baik dengan yang tidak.

3.    Keluarkan telur yang ada di dalam sarang
Telur dikeluarkan perlahan dengan cara membuka sarang lalu direndamkan didalam air, biarkan telur keluar dengan sendirinya dan mengapung di permukaan air.

4.    Telur yang bagus memiliki ciri warna kuning bening 
Amati telur yang sudah dieluarkan dari sarangnya, telur yang mengapung dan berwarna kuning bening itu berarti berkualitas baik.

5.    Telur yang berwarna putih susu berarti jelek
Sedangkan telur yang berwarna putih susu atau ada bintik putihnya baik yang mengapung di permukaan ataupun yang tenggelam di dasar itu berarti tidak bagus. Telur berwarna putih biasanya disebabkan tidak terjadinya pembuahan oleh sel sperma.
 6.    Buang telur yang tidak bagus
Telur yang tidak bagus harus segera di buang, karena akan membusuk dan menjamur. Hal ini akan memberikan dampak negatif bagi telur lainnya.


Tips & Trick by: Aang Permana AP
Design by : Yan Latifah
 


0 komentar: